image-catering-sehat-untuk-orang-tua-ameliacatering

Nutrisi Lengkap dengan Catering Sehat untuk Orang Tua

Asupan makanan untuk orang tua harus mampu memenuhi kebutuhan gizi setiap hari dan sesuai dengan kondisi kesehatannya. Akan tetapi, usia senja bisa mempengaruhi penurunan nafsu makan karena fungsi penciuman berkurang, gangguan pencernaan, dan lain-lain.

Jasa catering sehat untuk orang tua bisa menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan gizi dengan beragam menu.

Menu Makanan Lanjut Usia

National Institute on Aging menyampaikan bahwa usia 50 tahun ke atas sebaiknya mendapatkan nutrisi dari berbagai makanan berikut. 

  1. Buah-buahan dan sayur-sayuran
    Porsi buah dan sayur untuk lansia adalah lima porsi setiap hari, misalnya 200-350 gram sayur dan 150-250 buah.Anda bisa memilih buah dan sayur dengan tekstur lembut dan tidak memiliki rasa asam seperti pisang, alpukat, bayam, dan labu.

    Katering makanan sehat tentu akan menyediakan buah dan sayur untuk gizi lengkap.

     

  2. Garam, gula, dan minyak
    Dalam satu hari penggunaan minyak sebaiknya sebanyak lima sendok teh, garam sebanyak satu sendok teh, dan gula empat sendok makan.Namun, untuk hal ini sebaiknya harus menyesuaikan dengan kondisi kesehatan orang tua.

    Misalnya saja, untuk orang tua pengidap diabetes atau hipertensi yang sensitif dengan nutrisi tertentu.

  3. Makanan utama
    Jasa catering sehat untuk orang tua memiliki menu beragam termasuk untuk makanan utama sebagai karbohidrat untuk mendukung aktivitas.Beberapa makanan utama bisa berasal dari beras, singkong, mie, dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan.

    Porsi yang dibutuhkan dalam sehari sebanyak 150 hingga 300 gram yang bisa dibagi untuk tiga waktu makan.

     

  4. Protein dan mineral
    Protein untuk orang tua bisa berasal dari daging ayam, ikan, telur, tempe, dan lain-lain dengan porsi 150 hingga 200 gram.Selain itu Anda bisa memilih asupan dari susu dan produknya seperti yoghurt dan keju.

    Untuk susu sebaiknya memilih dengan sedikit kandungan lemak atau tanpa kandungan lemak.

Solusi Lansia dengan Nafsu Makan Rendah

Untuk mengembalikan nafsu makan orang tua dan memenuhi kebutuhan gizi bisa dengan langkah berikut.

  1. Menyajikan makanan dengan menarik
    Visual atau tampilan makanan yang disajikan di atas meja makan bisa mempengaruhi nafsu makan lansia.Menyajikan makanan dengan berbagai warna, hiasan menarik, dan bentuk lucu bisa menjadi solusi.

    Atau untuk lebih mudah bisa dengan menyajikan makanan catering untuk orang tua yang menarik dan memenuhi nutrisi.

     

  2. Menyantap makanan bersama-sama
    Peran anak ataupun kerabat juga tidak kalah penting agar orang tua tidak kehilangan nafsu makan.Rasa bosan dan kesepian untuk duduk sendiri dan menyantap makanan bisa saja menyebabkan turunnya nafsu makan.

    Berikan perhatian juga kepada orang tua seperti mengambilkan air minum.

  3. Menyajikan dengan porsi kecil
    Masalah mulut atau terlalu lelah untuk menghabiskan makanan bisa menjadi penyebab turunnya nafsu makan sehingga nutrisi tidak terpenuhi.Sajikan makanan dengan porsi kecil namun mampu melengkapi nutrisi dengan baik.

    Anda bisa memesan makanan catering sehat dengan sajian satu porsi yang lengkap.

Catering sehat untuk orang tua menjadi solusi agar orang tua mendapatkan nutrisi sesuai kebutuhan dan mengurangi kemungkinan nafsu makan berkurang.

Summary
Article Name
Nutrisi Lengkap dengan Catering Sehat untuk Orang Tua
Description
Catering sehat orang tua menjadi solusi praktis untuk menjaga agar nutrisi tetap terpenuhi setiap hari. Selain itu, nafsu makan orang tua akan tetap dalam keadaan baik dengan visual dan porsi makanan yang tepat.
Author
Publisher Name
AmeliaCatering.net
Publisher Logo